Home > MOBIL > Mobil Audi A8 L, Super Mewah, Canggih, dan Anti-Peluru

Mobil Audi A8 L, Super Mewah, Canggih, dan Anti-Peluru


Audi, salah satu produsen mobil premium Jerman yang sukses mendulang pertumbuhan penjualan global tahun lalu, mengumumkan akan meluncurkan edisi khusus A8  “high-security”.  Spesifikasi khusus, flagship Audi yang diberi nama A8 L Security, luar biasa –  tidak hanya dari fitur keamanan dan keselamatan –  juga mesinnya. Bahkan, sistem infotainment dan telekomunikasinya, versi paling top dari teknologi mutakhir.

Modifikasi Khusus
Menurut Audi, sedan ini dimodifikasi secara khusus dan dikerjakan dengan tangan oleh sebuah bengkel kecil di Neckarsulm, Jerman. Lantai dan pintu ditambahi pengaman yang membuat mobil menjadi anti-tahan terhadap peluru. Juga ada sistem pengaman, pengemudi tidak bisa menggunakan telepon saat mobil  melaju.

Bodi Audi A8 yang semula dibuat dari aluminium, dimodifikasi lagi dengan konsep Audi Space Frame (ASF), yaitu penguatan dengan baja anti-peluru yang menghabiskan 450 jam kerja. Ciri khas lain dari mobil jarak sumbu rodanya (wheel base) juga lebih mulur dari versi standar. Panjang mobil ini sendiri 5,27 meter

Mesin yang digunakan, A8 L Security adalah W-12, 6,2 liter, yang menghasislkan tenaga 368 kW (500 PS) dan torsi 625 Nm. Cukup untuk mengenjot mobil ini yang makin berat. Bobot mobil bertambah, kaena beberapa bagian bodi, lantai dan pintu ditambahi lapisan baja dan kaca anti-peluru. (Bersambung)

Standar NATO
A8 L ini juga memperoleh sertifikasi khusus dari fasilitas tes balistik pemerintah Jerman di Muenchen untuk standar perlindungan balistik Class VR 7 (dites berdasarkan BRV: Bullet Resistant Vehicle 2009).  Pengetesan terhadap ledakan menggunakan standar ERV 2010 Guidelines (ERV: Explosion Resistant Vehicle).

Tes balisitik Class VR 7 pada sedan, merupakan tingkat keamanan tertinggi yang pernah dilakukan untuk kendaraan sipil. Lembaran pelat yang digunakan untuk sel penumpang telah memenuhi standar amunisi NATO yang sangat ketat.

Intergrasi berbagai komponen pada bodi, membentuk sel kemanan sedan antara lain baja anti peluru, aramid fabric, keramik, aluminium campuran khusus dan kaca pintu yang berlapis-lapis. Baja anti peluru yang dilapiskan ke bodi menambah berat mobil 720 kg.

Bodi samping memang aluminium, namun di dalamnya dilapisi baja, termasuk campuran aluminium khusus di lantai yang mampu menahan ledakan granat tangan. Ini bukan sekadar teori, juga juga dilakukan tes lalu dnegan menggunakan dummy yang tidak mengalami kerusakan. Kaca samping, depan, dibuat secara khusus, bagian dalam dilapis polycarbonat untuk mencegah bratakan bila tetap pecah.

Pjuga ada pembuka kaca elektromekanis (tambahan) untuk samping, kaca bisa diturunkan ke sampai ke bawah. Untuk kaca ini tambahan berat 300 kg, sedangkan pintu 360 kg. Pintu dilengkapi dengan fungsi stop, pintu berhenti pada posisi yang ditentukan.

“Communication Box”
Sistem keamanan lainnya adalah “communication box” yang ditempatkan di bagasi plus baterai cadangan agar alat tersebut tetap bisa bekerja bila  sumber energi utama bermasalah.  Hebatnya lagi, “communication box” ini dilindungi dengan baja anti-peluru. Dijelaskan, jika pembeli ingin minta tambahan baterai dan tangki bahan bakar dengan keamanan lebih tinggi lagi, Audi juga siap mengadakannya.

Tambahan lain adalah sistem darurat dengan teknologi  paten Audi. Ketika pengemudi atau penumpang belakang menekan skalar tamperproof (dirusak) dan menarik sisi dalam gagang pintu, pyrotechnical memisahkan sekrup di engsel untuk melepas pintu dari bodi. Pintu akan jatuh dari bodi mobil hanya dengan sedikit tekanan.

Tabung Oksigen
Fitur pengam an lain adalah sistem pemadam kebakaran yang diaktifkan melalui sensor panas atau dengan menekan tombol. Cairan pemadam api akan mengalir dari dua tabung atau kanister yang dipasang di ruang penumpang melalui dua pipa di sepanjang lantai. Nosel pemadam secara otiomatis akan menyemprot sepatbor (rumah roda) lantai, tangki bensin dan ruang mesin.

Juga disediakan sistem udara segar darurat  melalui dua tabung oksigen ditempatkan di area aman (terlindung).  Hanya dengan menekan tombol, sistem akan mengalirkan udara segar ke interior melalui ventilasi di atap. Bisa memenuhi kebutuhan saat menerobos daerah berbahaya atau zona merah.

Sistem bekerja dengan menghasikan tekanan pada interior kendaraan untuk mencegah gas beracun masuk ke kabin. Tambahan lain, disebut Audi “pengaman start”, mesin dihidupkan melalui sinyal radio.

Juga ada ekstraktor asap dari ruang penumpang, sistem sinyal LED bila konvoi, lampu flash, sirene dan  sistem radio berjalan profesional, tiang bendera, telepon permanen, pencatat data kecelakaan (black box), kamera untuk melihat situasi belakang, kaca depan yang dipanaskan plus kaca samping dipanaskan secara parsial. Untuk ini, Audi menyediakan perlengkapan keamanan berdasarkan permintaan pribadi konsumen.

Bose
Paket standar dari mobil ini adalah sistem kontrol udara empat zone dengan ionizer, penutup kaca belakang yang bekerja secara elektrik, sistem suara surround Bose. Di belakang hanya ada dua jok dengan posisi terpisah dan punya setelan sendiri. Khusus untuk A8 L W12, seluruh inteiror dilapisi dengan kulit.

Sesuai permintaan, Audi menyedikan jok belakang untuk rileks – dapat disetel bersama dengan  tatakan kaki, plus pemanas atau pemijit. Juga tersedia konsol tengah yang memanjang sampai ke bagasi. Untuk hiburan penumpang belakang, disediakan dua layar monitor 10,2 inci. Tambahan lain adalah meja lipat dan refrigerator.

Layar Sentuh
Teknologi masa kini yang ditawarkan adalah Navigasi NMI dengan hard disk berkapasitas besar, monitor 8 inci resolusi tinggi dan prosesor grafis 3D yang cepat. Pengoperasian perintah dilakukan dengan menyentuh layar monitor seperti komputer tablet atau telepon seluler dengan sistem operasi Android.

Bersama NMI disatukan pula sistem lain, yaitu pemantau di depan mobil, kontrol transmisi otomatis, lampu depan, adaptive cruise control dan fungsi stop & go. Tambahan lain, pembatu parkir (park asssist) plus Audi Top View – sistem empat kamera  di sekeliling mobil untuk memantau kondisi di sekitarnya plus Bloetooth (standar).

Untuk koneksi ke internet, digunakan modul UMTS. Berbagai aplikasi hasil  kerjasama dengan Google pun bisa diunduh. Penumpang belakang juga bisa menghubungkan telepon selularnya ke hotspot WLAN  yang dipasang di dalam mobil.

Performa
Kemampuan A8 L melakukan sprint untuk 0-100 km/jam, 7, 3 detik. Sedangkan kecepatan top dibatasi, 210 km/jam. Konsumsi bahan bakar, klaim Audi 13,5 liter/100 km atau 7,4 km/liter.

Dijelaskan pula, nantinya akan ditawarkan mesin lain yang lebih ekonomis, konsumsi bahan bakarnya berkisar 9-10 km per liter. Kedua mesin, akan disandingkan dengan transmisi tiptronic 8-percepatan, yang bisa dioperasikan melalui saklar modeltoggle di setir. Untuk memindahkan tenaga ke roda, digunakan sistem 4×4 Quatro permanen, khas Audi.

Untuk menambah kenyaman penumpang, Audi memasang suspensi “angin adaptif”. Tambahan lain, pelek 19 inci dua warna berpasangan ban 255/720 untuk memikul bobot yang berat. Untuk itu pula, A8 L ini dilengkapi dengan sistem yang memantau tekanan angin secara terus-menerus.

Bagi pembeli mobil ini, Audi akan memberikan latihan buat pemilik dan pengemudinya. Sayang, Audi tidak menyebutkan harga. Maklum, dibuat sesuai pesanan!

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: