Home > TIPS & TRICK > Tips Tepat Pilih Ban Untuk Musim Hujan

Tips Tepat Pilih Ban Untuk Musim Hujan


Persiapkan kondisi ban sebelum jan

Persiapkan kondisi ban sebelum jan

Permukaan jalan yang selalu basah karena musim hujan perlu mendapat perhatian yang lebih buat para pengemudi mobil. Karena jalan yang basah akan lebih licin dan mudah menyebabkan terjadinya slip saat mengemudi, untuk itu karet hitam alias ban yang digunakan harus sesuai untuk kondisi jalan yang basah. Jika ban yang digunakan sudah tepat maka kemampuan mobil saat melibas jalan yang basah atau mengemudi dalam keadaan hujan pun akan lebih nyaman dan aman.

Perhatikan Kontur
Dalam memilih ban yang dapat cocok untuk melibas jalanan basah ada beberapa yang harus diperhatikan, pertama adalah pilihlah ban yang memiliki kontur permukaan dengan guratan atau kembangan ban yang banyak dan rapat, karena ban seperti ini mampu memecah dan mengalirkan air pada permukaan ban dengan baik sehingga ban dapat dengan baik mencengkram aspal (Grip) meskipun dalam keadaan jalanan yang basah.

Tingkat Kelunakan Ban
Selanjutnya bahan ban juga perlu diperhatikan, pilihlah ban yang memakai bahan karet yang lunak (soft atau medium compound), karena semakin lunak bahan karet yang digunakan ban, berarti grip ban tersebut terhadap permukaan jalanan beraspal akan semakin baik, akan tetapi kembangan ban akan lebih cepat habis akibat daya gesek ke aspal yang jadi lebih besar. Terakhir pilih dan gunakanlah ban yang sesuai dengan ukuran standar dari pihak ATPM agar lebih safety.

Tekanan ban juga harus disesuaikan

Tekanan ban juga harus disesuaikan

Jika ban yang digunakan sudah tepat, diluar dari pemilihan ban, kondisi tekanan angin ban dan tingkat keausan ban juga harus tetap diperhatikan. Tekanan ban juga harus disesuaikan dengan beban yang diterima ban, semakin berat beban, maka tekanan ban harus yang normalnya 28 psi untuk depan dan 30 psi untuk belakang maka harus ditambahkan sekitar 2 atau 3 psi. Ini dilakukan agar ban tidak membuat handling mobil oleng akibat kekurangan tekanan. Penambahan tekanan tidak boleh berlebihan karena dapat memperbesar resiko ban benjol atau pecah.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: