Home > MOTOR > Kupas Tuntas Honda Blade

Kupas Tuntas Honda Blade


Siapa sih yang gak tau Honda Blade? Motor keluaran Honda terbaru 2010 ini mampu memikat hati masyarakat Indonesia. Tetapi apakah kalian tahu rahasia dibalik tenarnya motor ini? Yuk kita kupas tuntas motor ini bersama-sama.

Body dan Style Motor

Sudah jangan ditanya lagi, body Honda Blade yang stylist mampu memikat masyarakat Indonesia. Bodynya sama dengan saudara kembarnya yang di Thailand yaitu CZ-i 110.Selain itu bodynya yang ramping memberikan anda kenyamanan untuk menyalip dan tentu saja SPORTY. Dan yang membuat terpikat adalah varian warna dan varian repsol yang benar-benar sporty membuat banyak yang jatuh cinta pada motor ini.

Lampu pada Motor

Lampu pada Honda Blade dirancang dengan ideal dan mantap. Umumnya sama seperti motor honda lain, tetapi saya rasa lebih stylist dan sporty membuat daya tarik luar motor ini menjadi lebih mantap.

Mesin Pada Motor

Dengan rancangan 110 cc, Honda Blade gak kalah dech sama motor 110 cc yang lainnya. Untuk sumber tenaga, Honda menggunakan mesin SOHC dengan kapasitas 109,1 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 8,46PS @7500 rpm dan torsi 0,86 kgf-m @5500 rpm. Sehingga Performa Blade baru ini tidak kalah bahkan setara dengan Supra X dan Revo. Yang menariknya, menurut survey, bahan bakar Honda Blade lebih irit 5% dibandingkan Revo.

Mesin Motor Honda memang terkenal dengan awetnya. Menariknya, ada pelindung mesin yang dipasang di footstep sehingga tidak terkena mesin yang panas pada waktu berkendara.

Honda Blade masih mengandalkan karburator. Walaupun begitu, Mesin Honda blade setara dengan motor Racing Lainnya. Waw! Bagi anda yang pengen ngoper gigi cepat di jalanan tetapi irit, Honda Blade gak kalah deh.

Tetapi masih banyak yang bertanya-tanya mengapa hanya menetapkan 110 cc bukan lebih tinggi. Karena Mesin racing, banyak yang setelah membeli motor ini, langsung menambahkan cc motornya. Tetapi saya rasa, motor 110cc yang paling kenceng larinya Honda Blade deh.

Velg, Ban dan Stabilitas Motor

Kalau Masalah Velg, Velg motor ini memang terkenal cukup awet dan kuat. Sesuai dengan Mesin racing, Velg motor ini pun racing. Jadi, Ini Cukup Stabil untuk anda yang senang ngedrag.

Ban motor ini termasuk dalam kategori ban keras atau ban drag. Sesuai dengan fungsinya, Ban motor ini lebih menstabilkan pada lintasan lurus dengan kecepatan tinggi dibandingkan belokan atau pengkolan. Jadi, kesimpulannya hati-hati yang ingin membelok dengan kecepatan tinggi. Lebih baik kurangi kecepatan pada waktu pengkolan karena hampir semua ban motor honda termasuk licin.
Nah untuk stabilitas, banyak yang komplain atas stabilitasnya. Stabilitas honda (menurut saya) termasuk buruk. Entah itu mengatakan bannya, atau terlalu enteng, ataupun terlalu tinggi (itu mah emang orangnya yang pendek >,<). Memang setelah saya memiliki motor ini, hal yang saya kritik setelah knalpot yaitu stabilitas motor ini. Saya rasa ini terpengaruh pada bannya yang terlalu licin dan keras. Bahkan saya hampir 3 kali nyari jatuh dengan posisi yang tidak memungkinkan karena bannya yang tidak stabil dibelokkan.

Dan kerennya lagi, banyak orang yang memiliki motor honda, langsung ganti ban motor. Yap, untuk itu ban berpengaruh 70% kestabilan sebuah motor.

Tips sedikit, kalau untuk ban keras / drag kelebihannya stabil di lintasan lurus dengan kecepatan tinggi dan awet terhadap jalan yang tidak rata. Kelemahannya pada kestabilan di belokan. Untuk ban yang supensinya tinggi atau empuk, memungkinkan kestabilan di belokan yang tajam.

Rem pada Motor

Rem pada motor Blade ini termasuk pakem. Yah, namanya aja racing, masa remnya gak pakem, nanti jatuh donk hehehe….

Yap, tetapi entah kenapa pemakainan pertama, rem ini tidak menjalankannya dengan baik. Setelah nanya-nanya, ternyata pengaruh pada bannya dan teknik pengeremannya. Untuk tips pengereman dengan kecepatan tinggi, jangan menekan salah satu rem, tetapi dua-duanya (rem tangan dan rem kaki) dengan bertahap.

Knalpot pada Motor

Sebelum membahasnya, apa sih fungsi knalpot khususnya pada motor 4 tak yang dipakai honda blade ini. Ya, untuk mudahnya fungsi knalpot yaitu : Hisap-Kompresi-Usaha-Buang. Intinya knalpot membuang bahan dan kotoran yang tidak diperlukan. Letak kehebatan mesin 4 tak ini adalah katupnya, sedangkan fungsi knalpot pada jenis motor ini hanya untuk menurunkan suhu akibat kompresi.

Yap, Kalau Knalpot pada motor ini sbenarnya banyak yang komplain terutama pada suaranya. Banyak yang mengatakan, kalau digeber malah suaranya seperti motor tahun 80-an. Naas banget dikatain begitu, dan saya pun menyadarinya setelah menggeber motor ini dengan kecepatan tinggi. Dan satu-satunya untuk mengantisipasinya dengan mengganti knalpot yang lebih bermutu.

Ya karena masalah suara saja bisa dikomplain sebagian besar dan hebatnya ini terjadi hanya motor Blade ini. Tetapi yang penting knalpot Blade ini telah menjalankan tugasnya dengan baik.

Modifikasi pada Motor

Nah ini kerennya motor ini, Bisa dimodifikasi Bung! Lah kok mengatakan hal itu, semua motor bisa dimodifikasi kale… >,<. Ya memang semua motor bisa dimodifikasi tetapi TIDAK semua motor bisa cocok dengan modifikasinya terutama pada hal Mesin.

Kalo hal body memang Blade bisa diubah-ubah sesuka hati. Dan hati-hati untuk mesinnya, karena mesin honda sangat tidak cocok untuk dimodifikasi. Kenapa? Saya tidak tahu, tetapi kejadian ditetangga saya membuat saya berpikir bahwa tidak semua spare part cocok untuk honda kecuali yang telah disediakan honda ini.

Selain Tidak cocok, hal terburuk dalam modifikasi yaitu berkurangnya kualitas, awetnya mesin dan umur motor anda. So, hati-hati memodifikasi motor apalagi sembarangan karena bisa  membahayakan motor anda

Untuk penutup dan kesimpulan, saya tidak banyak bicara. So, Motor ini COCOK untuk anak muda yang berjiwa muda, berani, sporty dan stylist. Selamat Mencoba.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: